Ini Dia 5 Jenis Kabel USB OTG

posted in: Kabel OTG | 0

Beberapa waktu belakangan ini kita sering mendengar istilah USB OTG.

Sebenarnya sudah banyak perangkat yang mendukung fitur ini, tapi masih banyak yang merasa asing dengan istilah yang berkaitan dengan kabel usb dan kabel otg tersebut.

Untuk itu, mari kita mulai pembahasannya..

 

kabel otg

 

Definisi USB OTG

Menurut artikel yang ditulis Wikipedia, USB On-The-Go atau sering disingkat USB OTG  adalah suatu spesifikasi yang pertama kali digunakan tahun 2001 akhir.

USB OTG  memungkinkan perangkat yang memiliki port USB seperti pemutar audio digital atau ponsel untuk bertindak sebagai HOST, sehingga perangkat USB lainnya seperti USB flashdrive, mouse, atau keyboard dapat terpasang kepada mereka.

Penggunaan USB On-The-Go juga memperkenalkan tiga protokol komunikasi baru:

 

USB OTG

 

  • Attach Detection Protocol (ADP)
  • Session Request Protocol (SRP)
  • Host Negotiation Protocol (HNP)

 

Penggunaan USB On-The-Go juga memungkinkan perangkat tersebut untuk beralih peran host dan perangkat client.

Misalnya, ponsel dapat membaca dari media removable seperti perangkat host, tapi hadir sendiri sebagai USB Mass Storage ketika terhubung ke komputer host. 

Manfaat USB OTG

Fitur USB On The Go (OTG) sejatinya merupakan perpaduan antara hardware dan software yang harus tersedia di setiap smartphone.

Singkat kata, dengan fitur USB On The Go ini, smartphone/tablet Anda bisa melakukan kegiatan layaknya laptop atau PC Desktop.

Dan berikut 4 manfaat lainnya :

 

  1. Bagi orang-orang tertentu, adanya USB OTG pada gadget mereka sangat penting sekali. Khususnya bagi mereka yang sering melakukan pertukaran data atau file yang memiliki ukuran besar misalnya di atas 100 MB, karena akan kurang efIsien jika melakukan transfer data menggunakan media lain seperti bluetooth.
  2. Satu lagi manfaat fitur OTG yang sangat penting adalah menjalankan fungsi Modem.

Ya, beberapa vendor tablet asal Tiongkok seringkali kesulitan mencari komponen bagi tablet untuk bisa memiliki fungsi selular namun dapat menjalankan kegiatan selancar data dengan cepat di layar dan kebutuhan energi semacam tablet.

Disadari bersama tentu kemampuan riset pengembang dan produsen tablet asal Tiongkok tidak sebaik vendor besar asal Korea ataupun Eropa. Namun vendor Tiongkok tentu tak ambil pusing. Fungsi selular yang dihilangkan di ganti dan dialihkan dengan kemampuan menggunakan modem optional.

Driver Modem USB Host biasanya sudah terinstal dalam kernel Android yang ditanamkan. Selain kemampuan standar sebagaimana disebutkan di atas, kemampuan fitur USB On The Go dikembangkan ke arah produktivitas yang ke depannya akan sangat membantu pengolahan data. Salah satu contoh yang terpopuler adalah penggunaan DSLR Controller.

  1. Kemampuan menggunakan USB LAN via USB OTG kini sudah jamak ditemui. Penggunaannya tidak jauh beda dengan penggunaan USB LAN pada Desktop PC atau Laptop.
  2. Terhubung dengan Printer

Kemampuan terhubung dengan printer juga sudah diakomodir. Kini tersedia banyak sekali aplikasi yang membundle driver printer, bridge, berikut player-nya. Misalnya PrinterShare  (play.google.com).

 

KONEKTOR USB OTG

Selain terkait hardware device, fitur USB OTG pada beberapa device juga memerlukan konektor tambahan untuk mengkonversi wujud port USB Host ke dalam port propietary masing-masing vendor.

Untuk Tablet di bawah 10 inchi dan smartphone, umumnya hanya dibekali port Micro USB dan Mini USB atau port propietary khas vendor mereka, sehingga diperlukan konektor tersendiri seperti Micro USB On The Go, Mini USB On The Go, dan OTG untuk port khusus (Galaxy Tab port, iPad Port).

Jika ponsel Anda memiliki fitur USB On-The-Go (USB OTG) maka diperlukan perangkat USB OTG yang sudah marak di pasar. Bentuk, ukuran dan harganya pun banyak pilihan.

Ada kalanya pada beberapa pasangan perangkat OTG, semisal flashdisk ataupun HID berupa gamepad/joystick Playstation tidak terbaca oleh tablet/smartphone dikarenakan keluaran daya dari tablet/smartphone belum cukup untuk menghidupi perangkat dimaksud.

Demikian pula untuk pembacaan harddisk eksternal yang membutuhkan daya yang besar. Hal ini bisa diantisipasi dengan menggunakan kabel OTG yang dimodifikasi untuk juga bisa menerima input masukan daya sehingga kebutuhan daya dapat terpenuhi.

Umumnya nama pasar dari konektor tersebut adalah OTG Y Power Hub.

 

USB OTG Y Power Hub

 

USB OTG Y Power Hub 2

 

 

Pada penggunaan untuk hardisk eksternal diperlukan kabel USB OTG Y Power Hub, karena dibutuhkan daya yang lebih besar dan kadang tablet atau smartphone tidak sanggup memenuhinya.

Android biasanya membaca file dengan format FAT32 dan untuk membaca file format NTFS diperlukan software StickMount. Namun perangkat harus terlebih dahulu di root. Pastikan kabel Y yang bagus untuk menjaga kestabilan listrik.

Micro USB OTG

Micro USB OTG

Dengan bantuan software DSLR Controler, jika kamera DSLR dan tablet dihubungkan dengan bantuan USB OTG, maka perangkat tablet menjadi display kedua yang tentu saja lebih luas dari display kamera tersebut. Sangat membantu fotografer untuk mengarahkan model untuk bergaya.

Mini USB OTG L

Mini USB OTG L

Fitur USB OTG ini sekarang marak di ponsel atau tablet bersistem operasi Android dan Windows, tetapi tidak semua memilikinya, bahkan smartphone atau tablet premium sekalipun.

Diawali oleh ponsel bersistem operasi Symbian, fitur USB OTG kemudian berkembang ke iOS (iPad families). Namun pada iOS memerlukan bantuan aplikasi pihak ketiga seperti iFile dan perlu di jailbreak telebih dulu.

Mini USB OTG

Mini USB OTG

Galaxy Tab dan Galaxy Note 10.1 USB OTG (USB & Kit Version)

Galaxy Tab dan Galaxy Note 10.1 USB OTG (USB & Kit Version)

 

Di beberapa device yang konektornya tidak menggunakan micro USB diperlukan konektor tambahan agar kompatibel dengan port yang pada divice tersebut. USB OTG sendiri konektornya beragam, ada yang bentuknya Micro USB OTG, Mini USB OTG, atau port khusus seperti milik Galaxy Tab.

Camera Connection kit

Camera Connection kit

Jika menggunakan Micro USB OTG, gunakanlah konektor berbentuk L atau siku agar tidak mudah goyang yang dapat mengakibatkan kerusakan pada perangkat, baik ponsel maupun flashdisk.

Ada baiknya melakukan restart pada device yang mendukung fitur USB OTG dan baru pertama kali kali digunakan.

Pada koneksi pertama dengan OTG, driver USB Host aktif, terekstrak dan terinstal secara otomatis. Melakukan restart membantu untuk menyempurnakan instalasi yang dimaksud.

SUPPORT USB OTG

Perlu diketahui bersama bahwa USB OTG sendiri tidak ditentukan oleh merk dan tipe smartphone, melainkan HARDWARE layaknya desktop PC dan laptop.

Kesiapan fitur USB OTG tidak lepas dari dukungan hardware pada mainboard chipset yang digunakan. Diperlukan modul-modul yang mendukung kegiatan OTG.

Fitur OTG default juga dipengaruhi oleh SOFTWARE yakni driver-driver yang terdapat pada kernel untuk mengenali perangkat yang akan dihubungkan.

Smartphone/tablet dengan fitur UB OTG, umumnya telah memiliki driver input HID untuk keyboard dan mouse, karena driver ini masih terkait dengan driver input keyboard virtual dan bluetooth yang sudah ada default dengan kernel Android umumnya.

Driver lain yang umumnya sudah ada juga adalah driver USB Host loader data, untuk bisa membaca dan menulis data di perangkat data.

Namun sayangnya, terdapat banyak sekali smartphone/tablet yang secara hardware telah mendukung USB On The Go, namun tidak memiliki driver loader data ini.

Hal ini di mungkinkan karena adanya motif bisnis (penjualan driver USB Host berbayar), ketidaksengajaan semisal lupa including driver USB Host dalam kernel Android di karenakan tim riset dan lapangan terburu-buru dalam melakukan launching produk, hingga alasan kemurnian produk

Solusi atas permasalahan smartphone yang belum support OTG loader data (SOFTWARE) dapat diatasi dengan instalasi Driver USB Host dan Loader Data. Beberapa aplikasi dan cara-cara ini dapat membantu:

  1. Untuk Google Nexus Devices karena karakteristik Android murni-nya, dapat menggunakan aplikasi StickMount. Penjelasannya dapat Anda temukan di android central http://www.androidcentral.com/how-use-your-usb-flash-drives-nexus-7-root
  2. Merk Huawei Ideos dan Sony Ericsson Xperia dapat mencoba aplikasi Q5 USB Manager.
  3. Untuk HTC One X dapat mencoba mengganti ROM dengan CusROM JellyBean yang sudah tertanam driver USB Host di dalamnya.
  4. Untuk Sony Ericsson Xperia dapat pula mencoba turorial di http://azizhadi.com/cara-mudah-usb-otg-pada-xperia-arc.html
  5. Untuk iOS (iPad Families) silahkan mencoba tutorial di http://www.iphonetechie.com/2010/08/apple-ipad-camera-connection-kit-ifile-and-flash-drive-you-have-access-to-all-your-usb-drive-files-nice-hack/
  1. Untuk Blackberry Playbook silahkan mencoba tutorial disini:http://syedsalleh.blogspot.com/2012/01/tutorial-how-to-make-your-blackberry.html

 

Harga Mahal Tak Selalu Support OTG

Seperti telah disinggung sebelumnya, tidak semua smartphone/tablet memiliki kompatibilitas dengan fitur USB. Bagi beberapa pihak, fitur USB OTG mutlak perlu. Kenyataannya, smartphone murah memiliki fitur ini seperti Xperia Mini Pro.

Di sisi lain, justru smartphone mahal tidak mensupport fitur ini. Bagi Anda yang hendak membeli smartphone/tablet, perlu untuk berpikir ulang dan cermat memilih. Karena tidak semua smartphone mahal berarti memiliki fitur USB OTG

 

Resiko menggunakan USB OTG

Setiap hal apapun yang berkaitan dengan oprek android pasti ada resikonya, resiko yang paling sering terjadi adalah rusaknya memory / flashdik karena perbedaan system.

Berikut ini berbagai hal yang bisa dilakukan dengan USB OTG:

  • Baca-Tulis isi Flashdisk
  • Pembacaan Keyboard dan Mouse
  • Baca-Tulis isi Kartu Memori
  • Baca-Tulis isi Harddisk External / SSD
  • Penggunaan DSLR Controller bersama DSLR Camera
  • Penggunaan Modem pada Tablet
  • Kontroller game

Ciri – Ciri Android Bisa menggunakan USB OTG

Banyak pertanyaan Apa saja ponsel android / tablet yang bisa OTG?

Dikutip dari berbagai sumber, bahwa ternyata tidak semua Android bisa menjalankan OTG, hal itu dikarenakan tidak semua kernel android support USB OTG. Karena USB OTG tidak bergantung pada type atau merk android yang anda gunakan, namun bergantung dari kernel android anda apakah support atau tidak.

Lalu bagaimana kita bisa mengetahui android support OTG, sebuah aplikasi sederhana bernama “USB OTG Checker” atau “USB Host Diagnostic“ yang terdapat di Play Store mampu mendeteksi / mengetahui apakah perangkat android anda support USB OTG atau tidak,

Dan bila terdapat notif YES, bisa dipastikan ponsel Anda mendukung USB OTG.

Berikut Video Tutorial : Cara Membuat Kabel OTG Sendiri

Please like & share:

Leave a Reply

12 − 5 =